Kamis, 09 Juni 2011

Jalan - Jalan ke Kebun Binatang Ragunan



Anakku Medi pengen banget ke Kebun Binatang,  katanya udah lama ngga ke sana. Karena itu,  aku dan kedua putriku, Tantri dan Medi berencana jalan – jalan ke Kebun Binatang Ragunan.

Minggu 5 Juni 2011, kami menuju Kebun Binatang Ragunan dengan naik kereta ekonomi AC dari stasiun Citayam  dan turun di Stasiun Lenteng Agung. Kemudian nyambung lagi naik angkot berwarna merah yg katanya melewati  Ragunan. Karena ini pertama kalinya kami naik kendaraan umum ke Ragunan, kami sempat bingung dengan rute angkot yg berbelok-belok dan terasa jauh. Karena merasa ada yg aneh akupun bertanya ke pak sopir dan ternyata firasatku benar,angkot yg kami naiki udah melewati Ragunan..”Aduh pak Sopir gimana sih”…!???  padahal sebelum naik angkot  aku udah bilang supaya berhenti di Ragunan. Tapi ya sudahlah….dijadikan pengalaman saja. Akhirnya kami berpindah ke angkot arah sebaliknya dan sampailah kami di pintu barat kebun Binatang.

Kebun Binatang Ragunan atau Taman Marga Satwa ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan diresmikan pada tanggal 2 Juni 1966 oleh Gubernur DKI Ali Sadikin. Luasnya mencapai 147 hektar dan  memiliki lebih dari 3000 satwa.

Tiba disana udah jam 13.00 wib, sebelum masuk wajib bagi pengunjung untuk membeli tiket terlebih dahulu. Tiket masuk untuk anak-anak Rp.3.000,- dan untuk dewasa Rp. 4.000,-.  Mungkin karena tiketnya yg tergolong murah, menjadikan tempat ini selalu ramai dipadati pengunjung yg ingin ber rekreasi  murah meriah.

Mulailah kami menjelajahi areal kebun binatang . Walaupun cuaca panas tapi udara dikawasan kebun Binatang sangat sejuk, ini dikarenakan banyaknya pohon yg ada di dalam areal tersebut. Karena kita masuknya dari pintu barat maka binatang yg pertama kali kami lihat adalah Gajah dan Jerapah. Kami juga menyempatkan diri untuk menonton atraksi satwa dengan membeli tiket seharga Rp.4000,- per orang. Tadinya anak-anak pengen naik gajah, tapi antriannya panjang banget….

Capek juga ya berjalan kaki mengelilingi kebun Binatang padahal baru setengah perjalanan.. Pegal banget rasanya kaki ini. Dan untuk menghilangkan rasa penat, kami kemudian singgah disalah satu warung untuk istirahat dan makan siang.


Perjalanan kami lanjutkan menuju kandang Singa. Saat melewat danau yg didalamnya terdapat penyewaan perahu. kami pun tertarik untuk mencobanya. Tiket perahu wisata  Rp.7000,- perorang. Sedangkan tiket perahu naga  Rp.10.000,- perorang, dengan mengelilingi danau sebanyak 2 kali. Rasanya enak juga berada di tengah danau yg tenang…lumayanlah untuk mengurangi stress…

Tak terasa waktu sudah jam 16.00. dan kelihatannya langit mulai mendung. Kami pun terpaksa harus pulang walaupun belum semua satwa yg kami lihat. Kami mencoba keluar melewati pintu timur.  Disana udah banyak angkot berwarna biru no 17 yg menunggu penumpang  kearah Lenteng Agung.

Dan ternyata, saya juga baru tahu kalau saya salah naik angkot waktu perjalanan menuju ke Ragunan,. Mestinya dari Lenteng  saya naik Angkot no 17. Angkot ini ngetemnya memang agak jauh dari jalan raya.. Kalau pengen naik angkot ini, kita harus berjalan kaki ke dalam kurang lebih 200 mtr, dan rutenya juga dekat dengan pintu masuk timur Kebun Binatang. Mudah-mudahan ngga ada yg nyasar seperti saya ya…..

So…..demikian ceritaku  saat jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan. Sampai jumpa lagi di ceritaku yg berikutnya….. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar